Sabtu, 13 Agustus 2016

Halo sobat RevAnime ! pada kesempatan kali ini mimin mau review anime mecha pesanan seseorang. Anime yang berjudul Suisei No Gargantia ini merupakan salah satu anime yang bergenre Mecha, walau memang pada episode-episodenya tidak selalu membahas tentang robot, tetapi unsur ceritanya terdapat robot yang membantu sang main hero. Buah kerja keras dari I.G Production ini memiliki banyak sekali pelajaran yang dapat kita ambil, selain itu plot twist yang bisa dibilang mengagetkan juga disuguhkan dalam episode terakhir, penasaran gimana ceritanya ? Check It Out !


Information
Title English      Gargantia on the Verdurous Planet 
Romanji      Suisei no Galgantia
Type      TV
Episodes      13
Status      Finished Airing
Aired      Apr 7, 2013 to Jun 30, 2013
Premiered      Spring 2013
Studios               Production I.G

ProducersBandai Visual, Yomiuri Telecasting Corporation, Lantis,Nitroplus, Bushiroad, Good Smile Company
SourcesOriginal
GenresAction, Adventure, Mecha,Sci-Fi
RatingPG-13 - Teens 13 or older
Score MyAnimeList7.65


Sinopsis
Di masa depan, planet Bumi diceritakan telah membeku karena efek kerusakan alam, dan sebagian besar umat manusia telah mengungsi ke luar angkasa, ke tempat bernama Avalon, dan membentuk aliansi yang disebut Galactic Alliance of Humankind (Jinrui Ginga Dōmei). Ledo adalah letnan muda dari Aliansi yang mengabdikan dirinya sebagai prajurit garis depan bersama battle suit (mecha) nya, Chamber,  dalam pertempuran melawan Hideauze, mahkluk alien yang mengancam kelangsungan hidup umat manusia. Dalam suatu pertarungan melawan Hideauze, Ledo dan Chamber tanpa sengaja terlontar ke dalam wormhole, dan ketika terbangun, mereka berada di planet tak dikenal yang ternyata merupakan planet Bumi yang selama ini mereka percaya telah menjadi planet mati, dikelilingi sekelompok manusia yang berbicara dengan bahasa asing, menggunakan teknologi yang lebih kuno, dan hidup di atas kapal-kapal ditengah lautan. Ledo dan Chamber yang menghabiskan sepanjang hidup mereka hanya mengenal pertempuran, terpaksa harus beradaptasi dengan kehidupan yang damai namun asing, dibantu oleh Amy, gadis yang mereka kenal di bumi. Ketika sedikit demi sedikit mereka belajar seperti apa kehidupan dan kehangatan manusia sebenarnya, serta bagaimana caranya menjalani hidup baru mereka, takdir juga membawa mereka mengetahui kenyataan yang selama ini ditutupi oleh Aliansi yang mereka lindungi dengan mempertaruhkan nyawa.


1. Story ( 9/10 )
Bumi hancur oleh alamnya sendiri ? menurut sobat RevAnime apa yang harus kita lakukan ? Yap, pergi keluar angkasa, itulah yang digambarkan dalam anime ini. Manusia pergi meninggalkan bumi dan mencari planet lain untuk mereka tinggali, beberapa ratus tahun kemudian salah seorang dari koloni luar angkasa manusia terdampar dibumi bersama mechanya. Ternyata manusia yang tinggal dibumi masih belum punah, mereka bertahan hidup dari bumi tanpa daratan dengan tinggal diatas kapal. Cerita berfokus pada bagaimana sang main hero bernama Ledo ini beradaptasi dengan bumi, lalu pengungkapan rahasia sebenarnya yang terjadi pada bumi ratusan tahun dulu. Selain itu banyak pula yang dapat kita ambil pelajarannya dari anime satu ini, terutama tentang kepercayaan, betapa susahnya memperoleh kepercayaan dan mempertahankannya. Dan penutup cerita yang keren dan membuat semua orang pasti salah menebak, apa yang salah ? tonton langsung aja.\


2. Art ( 8 / 10 )

Amazing, I.G Production memang tidak pernah setengah-setengah dalam mengerjakan proyeknya. Background digambar dengan sangat mendetail, bahkan dari jauh sekalipun, lautan yang luas dilukiskan dengan sempurna, ditambah efek 3D mechanya yang sangat mengesankan, cocok sebagai alasan memperoleh nilai 8. Namun sayang, untuk art character mimin kurang begitu suka karena entah memang setting orangnya berwarna kulit gelap atau gimana, tetapi mimin pikir itu menjadi sebuah kekurangan, ditambah dengan efek lightning yang berlebihan membuat warna kulit dan pipi menjadi sangat tidak normal. 


3. Genre ( 8.5 / 10 )

Pecinta Sci-fi dan sekaligus Mecha mungkin bakal menyukai anime ini, mengambil genre bagus yang mendukung jalannya cerita. Petualangannya pun terasa disini ketika Ledo berusaha beradaptasi dan tetap hidup dibumi yang baru saja ia datangi, Comedy-pun disela-selakan kedalam ceritanya, terutama ketika keluguan Ledo yang tidak mengerti hal-hal sederhana tentang kebiasan manusia dibumi, itu sangat lucu. Selain itu bumbu-bumbu Psychologycal juga ditambahkan disini, terutama ketika banyak clue yang ditampilkan sebagai petunjuk akhir cerita, kita bisa menebak apa yang terjadi jika berhasil menyatukan puzzle misteri Suisei No Gargantia ini.


4. Character ( 7 / 10 )

Sekali lagi I.G Production sukses membuat karakternya menjadi hidup. Penggambaran ekspresi Ledo yang resah dan kebingungan dilukiskan dengan epic, selain itu karakter dari main heroine yaitu Amy juga seperti tak dipaksakan. Periang, Lincah, Pemaksa, dan Sedikit Tsundere melekat dalam diri heroine ini. Diisi oleh seiyuu yang mengisi Kiriyama Yui dari Kokoro Connect, makin menambah kesan tsundere Amy. Dan Chamber sang mecha-pun memiliki character yang jelas walau hanya sebuah AI.


5. Music ( 8.5 / 10 )

Indah, mungkin itu yang bisa digambarkan oleh mimin. Karena mungkin membahas tentang bumi, musiknya pun seperti menyiratkan sejuta keindahan dibumi kita ini, terutama Endingnya. Sangat menyentuh dan membuat kita rileks. BGM dan INSERT songnya pun sangat indah, apalagi saat suara mengarungi lautan ditemani kicauan burung nan indah, menambah kesempurnaan anime ini.


Bagi yang ingin download Opening dan Ending dari anime ini bisa didownload disini : 

Opening : 
"Kono Sekai wa Bokura wo Matteita (この世界は僕らを待っていた)" by Minori Chihara : Download

Ending : 

"Sora to Kimi no Message (空とキミのメッセージ)" by ChouCho Download


6. Trailer ( 8 / 10 )

Maksud dari cerita sudah tersampaikan, ditambah dengan memperlihatkan berbagai scene nan epic dan keren. Selain itu saat perang diluar angkasa itu membuatnya sangat menarik, walau sebenarnya jalan cerita tidak akan selalu mengarah ke bagian itu.


 OverAll : 8.25 / 10
Anime Sci-fi yang memiliki cerita yang keren, selain itu background yang menggambarkan lautan dibumi yang luas nan indah dilukiskan dengan epic. Musiknya-pun tak main-main indahnya. Sebuah mahakarya I.G Production dalam genre Mecha, walau-pun sebenarnya dari segi cerita tidak terlalu berfokus pada mechanya namun salah satu pihak koloni menggunakan mecha. Banyak makna dan pelajaran yang bisa kita ambil dari anime ini, dan satu hal pasti yang kita peroleh dari Suisei No Gargantia, Jangan mudah percaya dengan siapapun dan jangan mudah melepas kepercayaan seseorang.


Recomended From Admin

Bagi yang ingin download anime ini bisa didownload disini :
Download Suisei No Gargantia

Sekian dulu review anime kali ini, gimana jadi penasaran ? langsung download aja anime ini.

Jangan lupa mampir ke revanime-ina.blogspot.com ya ! 

1 komentar: